Sunday 14 February 2016

cara alternatif menambal ban

Sampurasun
Assalamualaikum Wr.Wb
berbagi pengalaman aja nih beberapa waktu yang lalu motor ane bocor dirumah pasdilihat ternyata ada paku kecil entah bekas apa tapi cukup menjengkelkan karena rumah ane berada diplosok sehingga jauh untuk menambalban dan alhamdulillah ane dapet hidayah untuk cari ide menambal ban itu dengan cara ane sendiri karena kebetulan dirumah banyak lem karena ortu ane pengrajin sepatu rumahan ya bisnis kecil kecilan keluarga dan alhamdulillah hasilnya sampai sekarang bannya kokoh mesti sudah beberapa kali dipake kejalanan berbatu berlubang dan dipake boncengan juga ..
oke lah dari pada ane banyak bicara cekedot lah berikut langkah langkah nya :) SEMOGA BERMANFAAT.

1. Isi Udara ban dengan full
2. cuci ban dengan sabun sampai terlihat gelembung yang menandakan bahwa letak bocornya dititik itu
3. Tandai lobang bocor itu dengan tipe x atau dengan apasaja lah sebagai ciri saja
4. buang seluruh udara yang ada diban.
5. Siapkan lem  AIBON. Jejalkan lem dengan menggunakan obeng min.
4. Cari filter bekas rokok
5. Campurkan filter rokok dengan lem, dan jejalkan kembali dengan menggunakan obeng min, sebanyak mungkin, kalo ada.
6. Posisikan yang bocor di bawah,gunakan standar 1.Tambalan dalam posisi tertindih oleh motor / jika bocornya dipinggir tekan dan tahan aja sampai kurang lebih 15 atau 30 menit (yang ane lakukan).
7. Silakan kompa lagi ban nya dan isnya alloh berhasil.
atau jika ingin lebih simple bisa lakukan cara ke 2 tapi ane belum coba langkah ke 2 ini soalnya ban ane alhamdulillah masih utuh sampai sekarang dan cara ke 2 ini ane dapetin dari Blog
http://motogokil.com/2013/07/19/diy-alternatif-nambal-ban-tubeless/

dan langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak
gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari
pake tip-ex).

2. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.
Setelah
kering tetesi dengan lem power (power glue) merek apa aja sehingga lem
meresap ke dalam lubang. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip
seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu
tunggu
kering selama beberapa menit. Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal
selesai.

Apa keunggulannya?

(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya
kohesif karet sendiri, so... titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian
yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena
hanya
menggunakan lem. Life time guarantie!

(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

(3) Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.

(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
Menggunakan

semoga bermanfaat amin :)
jangan lupa bagikan dan jika ada yang mau ditanyakan silakan komen aja

No comments:

Post a Comment

Sejarah Yamaha Nmax Sebagai Plopor Motor Metik Yang Mendapat Penghargaan Best Motorcycle Of The Year 2015 di Indonesia

Yamaha N-max ? ya siapa yang tidak tahu dengan motor ini, motor metic yang bisa disebut sebagai plopor motor besar menengah di indonesia...