Thursday 18 February 2016

cara mengganti kampas rem cakram sepeda motor

hay sobat biker kali ini saya akan posting tentang bagai mana cara mengganti kampas rem cakram pada sepeda motor sobat , sebagaimana yang kita tau rem merupakan bagian utama dari sebuah kendaraan.
REM Berfungsi sebagai alat untuk memperlamdan dan memberhentikan kendaraan agar kita dapat terhindar dari kecelakaan dijalan.
melihat dari spesifikasi pabrikan yang terus menerus menawarkan kecepatan pada sepeda motor yang dikuarkannya maka  sangat mudah sekali sepeda motor mencapai kecepatan tinggi sehingga berkendara dengan speed 60 km/jam adalah hal biasa atau bahkan masih kurang kenceng bagi sebagian orang maka tidak jarang banyak pengendara yang memacu kendaraannya sampai speed maksimal. Oleh karena itu saya ber inisiatif untuk membuat postingan ini karna dengan kecepatan yanng tinggi maka untuk memperlambat laju kendaraanpun akan memerlukan gesekan kanpas rem yang luar bisa sehingga rem akan cepat menipis atau mengeras ya kalo tidak blong rem pasti bersuara karena kanpas yang mengeras.
Sebelum menggati kanpas rem sobat biker juga harus memahami sistem pengereman pada kendaraan bermotor.
Sistem Rem Sepeda Motor
sistem rem pada sepeda motor terdapat 2 jenis yaitu :
1) sistem pengereman tromol (drum), 2) sistem pengereman cakram (disc brake).

sesuai dengan judul maka kita abaikan saja sistem pengereman yang ke 1 maka kita fokus pada sistem pengereman yang ke 2 yaitu  sistem pengereman cakram..

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor
Untuk mengganti brake pads yang sudah aus sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, siapkan brake pads baru, kunci 'L' bintang, kunci 8 dan obeng besar.











Langkah langkah :
1. kendorkan baut pengikat brake pads dengan kunci 8.











Lalu buka dua baut bintang pada braket kaliper yang menempel pada tabung shockbreaker. Setelah kaliper terlepas, ganti pads dengan yang baru. Sebelumnya, bersihkan kaliper dengan sikat kawat.
 
 










Jika pads yang baru sudah terpasang dengan baik dan benar, pasang kembali kaliper seperti semula.
catatan : jangan langsung dipakai ke jalan raya coba kocok kocok dulu pedalnya sampai padat kembali karna biasanya setelah kita ganti rem akan mengalami blong dahulu .

Sejarah Yamaha Nmax Sebagai Plopor Motor Metik Yang Mendapat Penghargaan Best Motorcycle Of The Year 2015 di Indonesia

Yamaha N-max ? ya siapa yang tidak tahu dengan motor ini, motor metic yang bisa disebut sebagai plopor motor besar menengah di indonesia...