Thursday 18 February 2016

cara mengganti kampas rem cakram sepeda motor

hay sobat biker kali ini saya akan posting tentang bagai mana cara mengganti kampas rem cakram pada sepeda motor sobat , sebagaimana yang kita tau rem merupakan bagian utama dari sebuah kendaraan.
REM Berfungsi sebagai alat untuk memperlamdan dan memberhentikan kendaraan agar kita dapat terhindar dari kecelakaan dijalan.
melihat dari spesifikasi pabrikan yang terus menerus menawarkan kecepatan pada sepeda motor yang dikuarkannya maka  sangat mudah sekali sepeda motor mencapai kecepatan tinggi sehingga berkendara dengan speed 60 km/jam adalah hal biasa atau bahkan masih kurang kenceng bagi sebagian orang maka tidak jarang banyak pengendara yang memacu kendaraannya sampai speed maksimal. Oleh karena itu saya ber inisiatif untuk membuat postingan ini karna dengan kecepatan yanng tinggi maka untuk memperlambat laju kendaraanpun akan memerlukan gesekan kanpas rem yang luar bisa sehingga rem akan cepat menipis atau mengeras ya kalo tidak blong rem pasti bersuara karena kanpas yang mengeras.
Sebelum menggati kanpas rem sobat biker juga harus memahami sistem pengereman pada kendaraan bermotor.
Sistem Rem Sepeda Motor
sistem rem pada sepeda motor terdapat 2 jenis yaitu :
1) sistem pengereman tromol (drum), 2) sistem pengereman cakram (disc brake).

sesuai dengan judul maka kita abaikan saja sistem pengereman yang ke 1 maka kita fokus pada sistem pengereman yang ke 2 yaitu  sistem pengereman cakram..

Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Sepeda Motor
Untuk mengganti brake pads yang sudah aus sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, siapkan brake pads baru, kunci 'L' bintang, kunci 8 dan obeng besar.











Langkah langkah :
1. kendorkan baut pengikat brake pads dengan kunci 8.











Lalu buka dua baut bintang pada braket kaliper yang menempel pada tabung shockbreaker. Setelah kaliper terlepas, ganti pads dengan yang baru. Sebelumnya, bersihkan kaliper dengan sikat kawat.
 
 










Jika pads yang baru sudah terpasang dengan baik dan benar, pasang kembali kaliper seperti semula.
catatan : jangan langsung dipakai ke jalan raya coba kocok kocok dulu pedalnya sampai padat kembali karna biasanya setelah kita ganti rem akan mengalami blong dahulu .

Sunday 14 February 2016

cara alternatif menambal ban

Sampurasun
Assalamualaikum Wr.Wb
berbagi pengalaman aja nih beberapa waktu yang lalu motor ane bocor dirumah pasdilihat ternyata ada paku kecil entah bekas apa tapi cukup menjengkelkan karena rumah ane berada diplosok sehingga jauh untuk menambalban dan alhamdulillah ane dapet hidayah untuk cari ide menambal ban itu dengan cara ane sendiri karena kebetulan dirumah banyak lem karena ortu ane pengrajin sepatu rumahan ya bisnis kecil kecilan keluarga dan alhamdulillah hasilnya sampai sekarang bannya kokoh mesti sudah beberapa kali dipake kejalanan berbatu berlubang dan dipake boncengan juga ..
oke lah dari pada ane banyak bicara cekedot lah berikut langkah langkah nya :) SEMOGA BERMANFAAT.

1. Isi Udara ban dengan full
2. cuci ban dengan sabun sampai terlihat gelembung yang menandakan bahwa letak bocornya dititik itu
3. Tandai lobang bocor itu dengan tipe x atau dengan apasaja lah sebagai ciri saja
4. buang seluruh udara yang ada diban.
5. Siapkan lem  AIBON. Jejalkan lem dengan menggunakan obeng min.
4. Cari filter bekas rokok
5. Campurkan filter rokok dengan lem, dan jejalkan kembali dengan menggunakan obeng min, sebanyak mungkin, kalo ada.
6. Posisikan yang bocor di bawah,gunakan standar 1.Tambalan dalam posisi tertindih oleh motor / jika bocornya dipinggir tekan dan tahan aja sampai kurang lebih 15 atau 30 menit (yang ane lakukan).
7. Silakan kompa lagi ban nya dan isnya alloh berhasil.
atau jika ingin lebih simple bisa lakukan cara ke 2 tapi ane belum coba langkah ke 2 ini soalnya ban ane alhamdulillah masih utuh sampai sekarang dan cara ke 2 ini ane dapetin dari Blog
http://motogokil.com/2013/07/19/diy-alternatif-nambal-ban-tubeless/

dan langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak
gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari
pake tip-ex).

2. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.
Setelah
kering tetesi dengan lem power (power glue) merek apa aja sehingga lem
meresap ke dalam lubang. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip
seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu
tunggu
kering selama beberapa menit. Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal
selesai.

Apa keunggulannya?

(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya
kohesif karet sendiri, so... titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian
yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena
hanya
menggunakan lem. Life time guarantie!

(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

(3) Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.

(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
Menggunakan

semoga bermanfaat amin :)
jangan lupa bagikan dan jika ada yang mau ditanyakan silakan komen aja

Sejarah Yamaha Nmax Sebagai Plopor Motor Metik Yang Mendapat Penghargaan Best Motorcycle Of The Year 2015 di Indonesia

Yamaha N-max ? ya siapa yang tidak tahu dengan motor ini, motor metic yang bisa disebut sebagai plopor motor besar menengah di indonesia...